Rabu, 06 April 2011

Truck (2008)


Cast : Yoo Hae Jin, Jin Goo, Lee Chae Yeong
Dir : Kwong Hyeong Jin

Sebenarnya sudah cukup lama gue menonton film ini, jauh sebelum terpikirkan untuk membuat grup ini, setelah grup ini pun akhirnya gue create, langsung ingin berbagi "serunya" menonton film ini.

Agak sedikit kecewa dengan beberapa ajang penghargaan film korea yang telah digelar sejak akhir tahun 2008, dari 2 Awards yang sudah berjalan tidak ada apresiasi terhadap film ini, padahal film ini sangatlah pantas untuk mendapat apresiasi lebih, worthy for Best Film, Best Director, Best Actor. Best Supporting Actor dan Best Screenplay.

Film ini mengangkat kehidupan masyarakat kelas 3 di Korea, atau masyarakat kelas menengah kebawah yang harus mati-mati berusaha untuk memenuhi semua kebutuhan hidup, adalah seorang supir truck yang dengan susah payah harus menghidupi anak perempuan semata wayangnya berusia 7 tahun, sampai kemudian dokter menvonis anaknya gagal hati, dan harus segera dioperasi karena kebetulan telah ada donor, dokter menyarankan sang anak segera dioperasi, tetapi biaya operasi tidaklah murah, semua simpanan uang yang ada ditabunganpun tidak cukup untun menutupi semua biaya tadi.

Dia berusaha mati2an bekerja untuk segera bisa menutupi biaya yang dibutuhkan, sampai kemudian akibat rayuan seorang teman, dia terjebak dalam sebuah permainan judi yang pada akhirnya kemudian malah membuat dia harus kehilangan semua yang dia punya, termasuk trucknya. Bagaimana akhirnya sang supir truck menghadapi segala kesusahan dan masalah dalam hidupnya?

Plot utama ini disupport oleh sebuah sup plot yang kemudian menjelang pertengahan film membaur dengan plot utama, sub plotnya adalah tentang seorang narapidana yang akan segera dihukum mati.
Beberapa twist kemudian muncul menjelang akhir film, dan ini semakin menambah poin lebih dari film ini, karena kita sebagai audien semakin dibuat penasaran.

Naskah film ini sangat Outstanding, meskipun bisa dibilang tidak terlalu orisinil karena telah banyak sekali film2 yang bercerita tentang perjuangan seorang ayah untuk anaknya, tetapi eksekusi dari sutradara Kwong Hyeong Jin sangat berhasil membuat kita sebagai audiens duduk menonton dan menunggu film bagus ini berakhir.

Yoo Hae Jin tampil extraordinary sebagai sang supir truck, dia berhasil menanmpilkan sosok supir truck lugu yang hanya ingin membahagiakan anaknya. Jin Goo yang biasa bermain komedi juga memperlihatkan akting watak yang luar biasa.
Dan tentu film ini menjadi bukti juga bahwa aktor-aktris cilik asal korea selalu bisa tampil dengan akting yang hebat, karena akting dan chemistry yang ditampilkannya oleh pemeran anak sang supir truck dalam ini benar-benar berhasil membuat penonton terkesan.

1 komentar: