Rabu, 06 April 2011

Shadow in the Palace (2007)


Dir : KIM Mi-Jeong
Cast : PARK Jin-Hee, YUN Se-Ah, SEO Yeong-Hee, IM Jeong-Eun dan KIM Seong-Ryeon

A Woman Show.. Full of perempuan!, dari Cast, Sutradara dan Prodousernya, cast pria dalam film ini hanya sebagai pelengkap saja. Patut diacungi jempol

Seorang pelayang selir raja ditemukan gantung diri dalam kamarnya. Perawat yang bertugas untuk mengautopsi mayat pelayan tersebut menemukan fakta bahwa pelayan itu telah mati sebelum gantung diri, berarti dia telah dibunuh dan sang pembunuh membuatnya terlihat seperti bunuh diri.

Berangkat dari keganjilan-keganjilan yang semakin banyak ditemukannya, sang perawat akhirnya menemui dokter istana untuk membantunya mengungkap kasus ini ke permukaan, tetapi dia harus kecewa karena sang dokter istana malah memintanya untuk menutupi semuanya. Tidak mau tinggal diam begitu saja sang perawat akhirnya memutuskan untuk menyelidiki seorang diri, meski banyak sekali rintangan dan bahkan sampai dia harus menghadapi siksaan fisik.

Perlahan tapi pasti fakta demi fakta mulai bermunculan dan banyak sekali hal-hal diluar apa yang selama ini tidak pernah terpikirkan olehnya. Beruntung baginya selir raja yang ternyata punya kepentingan lain menyangkut isu putra mahkota berniat membantunya.
Sang perawat harus berjuang dengan nyawa sendiri untuk bisa membuka tabir kebenaran dan bahkan menjadi bumerang pada dirinya sendiri.

Dengan Setting ala era korea jaman kerajaan, intrik-intrik politik dan kebusukan didalamnya menjadi topik utama film ini, seperti halnya film bersetting sama seperti The King and the Clown (2005), Hwang Jin Yi (2007), Portrait of Beauty (2008) dan yang paling gress Frozen Flower (2008). Set dan Costume yang dibuat detail sedemikian rupa membantu membentuk nyawa film ini, meski sedikit agak kedodoran kika kita berbicara tentang genre, karena fantasi, thriller, horor, drama tercampur baur tanpa ada identitas yang cukup jelas.

Park Jin Hee tampil maksimal sebagai sang perawat dan Lim Jeong eun yang berperan sebagai perawat bisu tampil dengan akting menyakinkan meski tanpa satu dialogpun (spoiler alert : perhatian adegan dia menjahit pahanya dan hukuman tusuk jari dengan jarum...apa yang anda rasakan?

Film ini meraih pengahargaan Best Director Korean Film Awards 2007, 2 Nominasi Blue Dragon Film Awards 2006 dan 7 Nominasi Grand Bell Film Awards 2008.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar