Rabu, 06 April 2011

Over the Border (2006)


Cast : Jo Yi-Jin, Cha Seung-Won, Shim Hye-Jin, Jang So-Yeon
Dir : Ahn Pan Seok

Judul lain dari film ini adalah South of the Border, sebelum Crossing (2008) yang dengan gamlang memperlihtakan hubungan bilateral yang tidak sehat antara Korsel dan Korut, tahun 2006 sutradara Ahn Pan Seok telah membawa kita pada sebuah love tale dengan set PyongYang dan Seoul awal abad milenium.

Kim Sun Ho adalah seorang pemain terompet pada sebuh orkestra, dia berasal dari keluarga lumayan cukup terpandang di Pyong Yang, dia menjalin hubungan asmara dengan Yon Hwa. Sampai kemudian pada suatu hari keluarganya menerima surat dari kakeknya di Seoul yang mereka kira selama ini telah meninggal. Keluarga Sun Ho memutuskan untuk pindah ke selatan.

Sun Ho sangat dilema menghadapi semuanya, di lain pihak dia ingin sekali berkumpul dan hidup lebih baik di selatan, tapi dia tidak tega untuk meninggalkan wanita yang sangat di cintainya. di tengah dilema yang dihadapinya Yon Hwa akhirnya berjanji akan segera menyusulnya dengan bantuan kakek Sun Ho. Tetapi semua tidak berjalan seperti yang mereka inginkan. Yon Hwa pun tak kunjung datang, berbagai usaha dilakukan oleh Sun ho untuk bisa kembali bersatu dengan kekasihnya, bahkan sampai dia ditipu. Hingga suatu hari, kakak perempuannya menerima kabar bahwa Yon Hwa telah menikah di utara. Sun Ho hopeless, dia merasa usahanya selama ini sia-sia, bagaimanapun hidup terus berjalan dan dia harus menjalaninya.

Film ini menambah list film-film korea yang akan membawa penontonya berlinang air mata. Sebuah kisah cinta abadi yang sulit untuk bisa dimengerti dengan akal sehat, karena kadang cinta bisa membuat orang yang sedang jatuh cinta melakukan tindakan-tindakan diluar akal sehat.

Tapi bagaimana pun, cinta yang kita miliki pada seseorang tidak bisa kita paksakan, dan hanya orang berhati besarlah yang mampu melepaskan orang yang dicintainya dan membiarkannya bahagia dengan orang lain. Banyak sekali nilai-nilai penting tentang kehidupan yang disisipkan dalam film ini.

Atas aktingnya dalam film ini Jo Yi Jin yang berperan sebagai Yon Hwa meraih penghargaan sebagai Best Breakthrough Actress dari Grand Bell Film Awards 2007 dan nominasi kategori yangs sama dari Blue Dragon Film Awards 2006.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar