Rabu, 06 April 2011

Hansel and Gretel (2007)


Cast : Cheon Jeong-Myeong, Park Hee-Sun, Jin Ji-Hee, Shin Eun-Gyeong, Eun Won-Jae

Dir : Im Pil Seong

Sudah cukup lama sebenarnya gue menonton film ini, yaitu saat film ini diputar di INAFF 2008 sekitar bulan desember 2008, sampai kemudian baru DVD film bergenre Fantasi Horor ini beredar di Jakarta. Dan sebagai pecinta film-film korea gue merasa pantas untuk share pengalaman gue menonton salah satu film fantasi terbaik yang pernah gue tonton.

Film ini diadatasi dari dongengnya Hans Christian Anderson dengan title sama, tapi dengan latar belakang cerita dan storyline yang berbeda. Film ini membawa kita pada sebuah dunia paralel indah yang penuh dengan warna-warni ceria dunia anak-anak.

Eun Soo sedang dalam perjalanan menuju rumah sakit, tempat ibunya dirawat, ditengah perjalanan sebuah kecelakaan membawanya terjebak pada sebuah dunia paralel yang menemukakannya dengan 3 org anak kecil yang hidup bersama kedua orang tuanya ditengah hutan belantara. Awalnya Eun Soo tidak curiga dengan keanehan itu, tapi saat kemudian dia berusaha mencari jalan untuk kembali ke jalan raya, dia hanya berputar-putar di tempat yang sama dan secara tidak sengajapun kembali ke rumah 3 org anak tadi. Eun Soo pun kembali ke rumah itu dan memutuskan untuk menginap. Sampai esok hari dia menemukan kedua orang tua anak itu menghilang tanpa jejak, dan ketiga anak itu mengaku orang tuanya pergi tanpa pesan dan meminta Eun Soo untuk menjaga mereka.

Film ini bertutur begitu komplit dan sedikit membuat kepala kita berfikir akan dibawa kemanakah kita, karena misteri demi misteri semakin komplek dan sulit untuk ditebak ending apa yang akan terjadi baik pada Eun Soo dan ketiga anak itu,serta siapakah mereka sebenarnya.

Stunning buat art directionnya, set rumah di film ini benar-benar membuat kita masuk ke dalam dunia khayalan yang colorful, wardrobe yang detail serta music score yang begitu membantu mood jalan cerita film ini.

Menurut gue film ini adalah gabungan A Tale of Two Sisters (2003) yang di bintangi oleh Lim So Jung dan Moon Geung Yeong dengan dongeng pengantar tidur asal mexico Pan's Labyrinth (2006).

Film ini mendapatkan beberapa nominasi dari ajang penghargaan film international antara lain dari Fantasporto Film Awards, Gerardmer Film Festival dan Catalonian International Film Festival





2 komentar: