Rabu, 06 April 2011

Death Bell 2: Bloody Camp

Masih ingat Death Bell (Kim Bum, Nam Gyuri-ex member See Ya, Lee Beom Soo,Yoon Jeong-hee)?! Film ini adalah salah satu film yang berhasil masuk dalam jajaran 10 besar film box office Korea tahun 2008 lalu dan satu-satunya film horror yang berhasil menembus box office dengan keuntungan $9,274,859 saat itu bahkan dianggap sebagai film horror korea paling terkenal nomor dua setelah A Tale of Two Sisters (Im Soo Jung ,Moon Geun Young).

Setelah 2 tahun akhirnya dirilis sekuelnya 28 Juli 2010 lalu meskipun dari segi cerita tidak berhubungan dengan Death Bell. Inti ceritanya masih sama yakni setiap bunyi bel (bunyi belnya tuh lagu bukan kyk di indonesia yang pake lonceng) di sekolah berdentang akan ada satu siswa yang ditemukan mati mengganaskan.

Seorang siswa SMA dan perenang Jeong Tae-yeon (Yun Seung-ah) ditemukan meninggal di kolam renang sekolah, dan dinyatakan sebagai kasus bunuh diri. Dua tahun kemudian, seorang guru Park Eun-su (Hwang Jung Eum) baru saja menjadi guru baru di sekolah dimana saudara tiri Tae-yeon Lee Se-heui (Park Ji-yeon *member T-ara*) bersekolah yang selalu dikejar oleh rasa bersalah dengan mimpi buruk dan di ganggu oleh siswa lain Eom Ji-yun (Choi Ah-jin).

Eun su menemukan kesulitan untuk mendapatkan perhatian dari muridnya selama dia mengajar dan selalu dibantu oleh guru yang lebih senior Cha (Kim Su-ro). Se-heui dan teman-teman kelasnya terpilih untuk mengikuti "Study camp" di sekolah mereka selama liburan musim panas sebagai persiapan masuk universitas. Siswa yang terpilih sebanyak 30 orang adalah siswa-siswa dengan nilai terbaik di sekolah mereka termasuk juga Kwan-Woo (Yoon Shi Yoon *si cakep Kim Tak Goo di Baker King*). Selama "study camp" berlangsung mereka akan tinggal di sekolah dengan jadwal belajar yang ketat, hubungan dengan dunia luar pun terlarang maka handphone mereka disita agar lebih berkonsentrasi belajar bahkan saat malam tiba gerbang sekolah akan di kunci dari luar sehingga tidak ada satu siswa pun yang dapat melarikan diri ditengah-tengah "study camp".

Kisah mengerikan mereka di mulai saat malam pertama mereka habiskan di sekolah yaitu ketika pelatih renang sekolah ditemukan tewas di dalam kamar mandi. Ketika mayat pelatih renang tersebut ditemukan, muncul pula tulisan di papan tulis "Saat seorang ibu yang tidak bersalah meninggal, apa yang akan dilakukan anak laki-lakinya?". Kemudian dari pengeras suara terdengar suara untuk memperingatkan para siswa bahwa mereka akan di bunuh satu per satu sampai mereka bisa menebak siapa pembunuhnya dan alasannya melakukan semua itu. Para siswa dan guru akhirnya terkurung di sekolah ketika kematian sangat dekat terjadi.

Ketika menulis skenarionya, ada yang menyarankan bahwa para karakter di film ini akan menyelesaikan berbagai pertanyaan yang diberikan oleh pembunuhnya seperti format Death Bell yang dulu. Namun sutradara Yoo Sun-dong menentang hal ini karena menurut dia idenya terlalu sama dengan film pertama. Yoo Sun-dong terinspirasi dari pengalamannya sendiri saat bersekolah, dengan guru yang otoriter seperti guru Kang (Kim Byung-ok) dan guru Cha (Kim Su-ro) atau kompetisi dan kekerasan antara para siswa seperti dirinya bersekolah dulu namun menambahkan kisah mengerikan ke dalam film.

Death Bell 2: Bloody Camp tayang perdana di Puchon International Festival of Fantastic Film tanggal 23 Juli 2010, ketika penutupan festival tersebut. Film ini di rilis secara serentak di Korea Selatan tanggal 28 Juli 2010 dan benar-benar sukses dengan lebih dari 50.000 penonton saat hari pertama tayang.

Kalo mau di bandingkan dengan film pertamanya, rasanya lebih bagus yang pertama karena ketegangan benar-benar dirasakan saat para siswa berusaha memecahkan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan pembunuhnya dari matematika sampai sastra korea sedangkan Death Bell 2 lebih memberatkan ke cara kematian para korbannya yang berbeda-beda dan benar-benar ekstrim seperti besi tajam yang dipasang sepanjang roda sepeda motor (matinya JK *Kwon Hyeon-Sang* sadiiiiis) atau boiler room yang di rubah fungsinya jadi ruang jebakan tempat matinya guru Cha (scene wkt Kim-Su ro mati tuh keren *miane step mom kim hehehe*). Tapi not bad lah, tetap bagus kok meskipun alurnya sangat tertebak dari awal cerita.

Cast
Park Ji-Yeon sebagai Lee Se-heui
Hwang Jeong-Eum sebagai Eun-Soo
Yoon Si-Yoon sebagai Kwan-Woo
Park Eun-Bin sebagai Na-Rae
Kim Su-Ro sebagai Guru Cha

5 komentar:

  1. mau tanya, waktu jihyun and the gank ngumpul2, yg waktu taeyeon mau dibunuh itu, kan se hee ada bwain makanan buat mereka, terus itu gmana ceritanya sih, Se Hee berlutut di depan mereka, aku mikirnya:
    1. apa genk nya jihyun, nyuruh se hee buat jd "korban" Soo Il?
    2. apa Se Hee mohon supaya dia gag jd "korban" Soo Il, jd dia nyaranin Taeyeon aja?

    atau gimana??? bingung. Maaf, baru nanya sekarang. baru nonton filmnya sih...

    BalasHapus
  2. mau tanya, waktu jihyun and the gank ngumpul2, yg waktu taeyeon mau dibunuh itu, kan se hee ada bwain makanan buat mereka, terus itu gmana ceritanya sih, Se Hee berlutut di depan mereka, aku mikirnya:
    1. apa genk nya jihyun, nyuruh se hee buat jd "korban" Soo Il?
    2. apa Se Hee mohon supaya dia gag jd "korban" Soo Il, jd dia nyaranin Taeyeon aja?
    3. apa Se Hee liat Taeyeon mau diapa-apain ama Soo Il, jadi dia mohon supaya mereka gag ganggu Taeyeon??? Binguuung...

    atau gimana??? bingung. Maaf, baru nanya sekarang. baru nonton filmnya sih...

    BalasHapus
  3. buat restia mau tanya kamu nontonnya dimana ya hehe aku baru tau filmnya malah mau beli kasetnya tapi bingung beli dimana takutnya udh ga diproduksi lg hehe ,mohon bantuannya ya :)

    BalasHapus
  4. gan, kalo mau downloadnya dimana ya?~

    BalasHapus