Selasa, 05 April 2011

Cyrano Agency (2010)


Director :
Lee Byung Heon Hoon & Kim Sang Hyub
Screenplay Adapted :
Kim Ho Young & Ahn Seung Gak
Cast:
Uhm Tae-Woong - Byung-Hoon
Lee Min-Jung - Hee-Joong
Park Shin-Hye - Min-Young
Daniel Choi - Sang-Yong
Jun A-Min - Jae-Pil
Park Cheol-Min - Chul-Bin
Genre :
Romantic Comedy
Trailer:
Watch Streamng with Eng Sub:

Seorang pria sedang berada dalam toilet umum dan sedang berbicara dengan temannya melalui telepon tentang seorang gadis pelayan cafe tempat biasa dia datang membeli secangkir kopi. Tetapi dia tidak berani mendekati sang gadis pujaan. Tiba-tiba dari samping toilet ada seseorang yang memberikan sebuah kartu nama lewat sela-sela bawah toilet dan menjanjikan dengan kartu nama tersebut cintanya akan berhasil. Antara percaya dan tidak, pria itu mengambil kartu nama dengan tulisan "Cyrano Agency" dan sebuah alamat teater tua di dalamnya. Dia akhirnya dengan setengah percaya datang ke lokasi tersebut dan bertemu dengan empat orang yang akan membantunya mendapatkan wanita yang disukainya itu.

Empat orang itu adalah Byung Hun (Eum Tae Woong) yang merupakan penulis skenario cinta dan sutradara, Min Yeong (Park Shin Hye) seorang wanita modis yang tugasnya membuat perubahan besar atas penampilan kliennya agar sesuai dengan target cintanya, Chul-Bin (Park Cheol-Min) si petugas lapangan yang tugasnya meninjau lokasi, dan Jae-Pil (Jeon Ah-min) yang bertugas mengikuti target 24 jam untuk mengetahui kebiasaan target sehingga klien mereka dapat menyesuaikan kepribadiannya dengan keinginan si target. Klien dipaksa untuk merubah penampilan, menghapal dialog-dialog romantis panjang layaknya aktor. Bahkan sampai memasang alat-alat bantu komunikasi seperti agen rahasia agar mereka dapat memantau dan membantu gerak-gerik klien yang sedang merayu target.

Singkat cerita sang pria pun berhasil mendapatkan gadis yang dicintainya dengan bantuan Cyrano Agency. Mereka berempat sebenarnya tidak sengaja terlibat dalam bisnis ini, semua ini terjadi karena teater tua yang dijadikan markas besar awalnya adalah teater yang mereka gunakan untuk beberapa pertunjukkan sayangnya karena kekurangan dana maka teater tersebut ditutup dan dengan moto 99% klien kami pasti sukses maka mereka membuka Cyrano Agency agar mendapatkan uang dari para klien dan dapat membuka teater tua itu lagi. Sebuah visi yang cukup mulia.

Suatu hari seorang pria yang berpenampilan rapi dan agak canggung bernama Sang Yong (Daniel Choi) memasuki kantor mereka dan meminta bantuan untuk mendapatkan seorang gadis yang ditemuinya di gereja. Setelah penelitian yang panjang oleh Jae Pil akhirnya diketahui bahwa gadis itu adalah Hee Joong (Lee Min Jung). Min Yeong, Chul Bin dan Jae Pil akhirnya mulai bekerja memirkirkan cara yang tepat untuk menundukkan hati Hee Joong, sayangnya yang tidak diketahui mereka adalah Byung Hun sang sutradara dan penulis skrip romantis ini merupakan mantan pacar Hee Joong dan ketika melihat foto Hee Joong dari data-data yang dikumpulkan oleh Jae Pil, membuatnya mengingat kisah indah mereka saat di Paris dan tiba-tiba berpisah beberapa tahun yang lalu.

Rayuan pertama Sang Yong berhasil dan dapat mengajak Hee Joong untuk kencan bersamanya di sebuah kafe. Saat Byung Hun yang bertugas sebagai pelayan di kafe melihat sosok Hee joong dari jauh dia pun secara tidak sengaja justru memutar lagu kenangan mereka berdua saat kencan di Paris selama berada di kafe tersebut dan membuat Hee Joong mengingat kembali akan sosok Byung Hun. Min Yeong yang saat itu menyamar sebagai salah satu tamu di kafe pun menyadari apa yang terjadi pada Byung Hun dan saat misi mereka berakhir hari itu, Min Yeong pun meminta Byung Hun untuk mundur dari kasus mereka kali ini. Byung Hun menolak dan menyatakan dirinya tidak akan mencampuradukkan masalah pribadi dengan pekerjaan mereka.

Sayangnya Byung Hun yang masih mencintai Hee Joong tidak dapat menguasai perasaannya dan berulang kali menggagalkan kencan Sang Yong dan Hee Joong. Secara tidak sengaja Hee Joong dan Byung Hun pun bertemu saat kerja sosial sebagai bayaran mereka berdua yang secara terpisah kedapatan mengemudi sambil mabuk dan karena kejadian itu Hee Joong pun dengan berani mengajak Sang Yong kencan duluan untuk melupakan sosok Byung Hun yang tidak sengaja ditemuinya.

Sang Yong yang sangat senang akan ajakan Hee Joong akhirnya mengundang staf Cyrano Agency untuk merayakan keberhasilan misi mereka. Sang Yong bertanya arti kata Cyrano yang mereka pakai sebagai nama Agency. Byung Hun pun bercerta tentang kisah roman Edmond Rostand tahun 1897 berjudul Cyrano de Bergerac yang bercerita tentang Cyrano dan Christian yang sama-sama mencintai Roxanne namun Cyrano yang berwajah biasa saja tidak berani mengungkapkan perasaannya berbeda dengan Christian temannya yang dengan terus terang mengakui mencintai Roxanne, sayangnya Christian tidak sepuitis Cyrano yang suka menulis puisi. Christian pun meminta bantuan sahabatnya Cyrano membuat puisi-pusi indah kepada Roxanne. Dengan terpaksa dan berusaha melupakan perasaannya Cyrano pun membuat berbagai pusi atas nama Christian kepada Roxanne. Karena tugas mereka seperti Cyrano maka agensi merekapun dinamakan Cyrano Agency.

Acara makan-makan yang awalnya baik-baik saja itu berubah menjadi perkelahian antara Sang Yong dan Byung Hun yang berbeda pendapat tentang Hee Joong dan berujung Sang Yong yang berhenti dari misinya menaklukan Hee Joong. Rupanya diam-diam tanpa sepengetahuan yang lain, Byung Hun terus saja mengejar Hee Joong tapi Hee Joong yang terlanjur sakit hati berusaha membuka hatinya pada Sang Yong. Belum lagi mantan target yang dulu mereka pertemukan dengan klien mereka ternyata berusaha mencari Cyrano Agency karena merasa ditipu tunangannya yang berhasil dipacarinya setelah mendapat bantuan dari Cyrano Agency. Sang tunangan yang merupakan mantan klien Cyrano Agency itu justru berselingkuh saat mereka akan menikah sehingga mantan target itu menghancurkan markas mereka di teater tua dan merusak semua peralatan yang biasa dipakai agensi untuk melancarkan misi.

Siapakah yang dipilih Hee Joong? Sang Yong atau Byung Hun? Dapatkah Cyrano Agency bertahan dengan semua kendala yang ada?

Ini adalah adaptasi bebas dari kisah Cyrano Bergerac seperti yang diceritakan Byung Hun dalam film. Cyrano de Bergerac pernah beberapa kali diangkat ke layar lebar. Yang paling terkenal adalah produksi 1989, dibintangi oleh Gerard Depardieu dan berhasil mendapatkan nominasi oscar 1990. Dengan menggunakan setting modern tentu beberapa penyesuaian dilakukan dan cukup berhasil baik. Karena latar belakang tema cinta yang kuat dan universal dari Cyrano de Bergerac membuat kisah ini tak akan lekang dimakan waktu untuk tetap diceritakan dari masa ke masa. 

Atas akting gemilangnya dalam film ini, Daniel Choi dan Lee Min Jung berbagi banyak penghargaan dan nominasi sebagai bintang pendatang baru terbaik dari beberapa penghargaan film Korea, seperti Korean Film Awards, Grand Bell Film Awards dan Blue Dragon Film Awards.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar