Rabu, 06 April 2011

My Girlfriend is an Agent (2009)

Repot juga ya kalau punya pekerjaan yang mesti dirahasiakan bahkan sama orang terdekat kita sendiri. Begitu juga Ahn So Jin (Kim Ha Neul-On Air), perempuan yang bekerja sebagai agent rahasia pemerintah (semacam FBI) di Korea. Urusan pribadinya harus dinomor duakan jika sudah menyangkut pekerjaannya yang tidak mengenal jam kerja itu. Selama berpacaran dengan So Jin, Lee Jae Joon (Kang ji Hwan-Hong Gil Dong) belum pernah benar-benar mengetahui pekerjaan So Jin sebenarnya. Tapi kecurigaannya timbul seiring hubungannya dengan So Jin berjalan, sampai suatu hari Jae Joon yang merasa terus menerus di bohongi memutuskan untuk pergi meninggalkan So Jin ke luar negeri. Ketika itu So Jin yang sebenarnya sedang dalam misi penyerbuan gak bisa mencegah upaya Jae Joon untuk pergi dari Korea. Akhirnya cinta merekapun kandas.

3 tahun kemudian, dalam suatu misi penyamaran, So Jin yang sedang menyamar menjadi cleaning service tak menyangka bakal bertemu dengan Jae Joon. Orang yang pernah dekat dengan dirinya 3 tahun yang lalu. Pertengkaranpun tak terelakan antara keduanya dan berakhir di kantor polisi.

Jae Joon sendiri sebenarnya juga memiliki rahasia yang harus ia sembunyikan dari So Jin. Jae Joon yang sedikit ‘nerd’ ternyata mendapat gemblengan selama 3 tahun di NIS (National Intelligence Service) di Russiadan dan menjadi ahli pemecah sandi (makanya Jae Joon jago banget bahasa Rusianya).

Misi awalnya kembali ke Korea adalah untuk bergabung dengan grup penyelidik “Harimao” dan menangkap kelompok penjahat dari Rusia yang akan membeli senjata biologis dari seorang professor yang membelot dan menjual hasil temuannya yaitu virus mematikan kepada kelompok penjahat dari Rusia tadi. Namun karena Jae Joon masih terbilang baru, ketua grup “Harimao” awalnya selalu meragukan kemampuannya yang selalu ceroboh ketika beraksi.

Sementara itu dari kubu So Jin sendiri telah mencium gelagat buruk dari professor tadi dan berencana untuk menangkap proffesor itu sebelum virus berbahaya tadi jatuh ke tangan penjahat.

Dari sinilah pertemuan demi pertemuan tanpa sengaja di tempat penyelidikan antara So Jin dan Jae Joon. Keduanya tak tahu menahu bahwa mereka menyelidiki kasus yang sama. Kekonyolan demi kekonyolan terjadi karena Jae Joon yang masih baru sebagai seorang agent selalu bertindak kikuk dan ceroboh.

Bahkan ketika hubungan di antara keduanya mulai membaik, gara-gara penyelidikan itu pula maka hubungan mereka kembali memburuk.

Hingga pada suatu titik, So Jin di curigai sebagai pihak mata-mata musuh oleh kubu agent Jae Joon, begitu pula oleh kubu agent So Jin, bahwa Jae Joon yang selalu ada di tiap tempat penyelidikan di tuduh sebagai mata-mata musuh. Keduanya jelas menyangkal dan beragumen orang yang di tuduh tadi adalah orang yang mereka kenal, tapi karena dari penyelidikan menyatakan ada fakta-fakta yang tidak mereka ketahui sebelumnya, maka So Jin dan Jae Joon menjadi ragu akan kebenaran yang selama ini mereka ketahui.

Akhirnya misi baru untuk keduanya di buat, yaitu saling menyelidiki satu sama lain dan mengesampingkan amarah yang mereka pendam karena masing-masing merasa dibohongi.

Berhasilkah misi mereka terhadap penjahat yang mereka buru dan terhadap hubungan mereka sendiri? Jawabannya tentu aja kalo udah nonton filmnya, hehehe.


Komen pertama, Horee.. Kim Ha Nuel sudah kembali ‘kejalan yang benar’..hehe..saya selalu menganggap bahwa Ha Nuel selalu lebih keren aksinya di film-film komedi romansa dan merasa kalo jalur dia adalah di genre film-film tadi, dan untuk kali ini di balut dengan aksi laga ala agent.

Jangan mensejajarkannya dengan film-film dari Hollywood dengan tema yang mirip semisal Mr. and Mrs. Smith atau “Duplicity”nya Julia Robert. My Girlfriend is an Agent juga punya ciri khas sendiri yang tentunya gak bisa di temui di film-film Hollywood terutama untuk sisi drama yang tetep bikin orang tersentuh bahkan di film bernuansa komedi sekalipun.

Seperti biasa, Kim Ha Neul yang makin cantik aja ini main dengan keren dan Kang Ji Hwan juga berhasil menjadi seorang agent pemula yang super badut dan kikuk, tapi sebenarnya cerdik (belum lagi teriakannya yg seperti perempuan-bikin ngakak). BTW, kata “Harimao” benar-benar berlambangkan harimau loh..^^

Sayang DVD bajakan (namanya juga bajakan) yang saya tonton subtitlenya timbul tenggelam sesuka hati. Tapi untuk seru-seruan, film ini layak di tonton, 3 bintang.

Best Quote : Ketua agent “Harimao” : Partner yang lemah justru lebih berbahaya dari pada musuh itu sendiri.



Movie Details:

Title: 7th Grade Civil Servant , My Girlfriend is an Agent
Romaji: 7Keup Kongmuwon
Director: Shin Tae Ra (Black House, Brainwave)
Writer: Cheon Seong IL
Producer: Harimao
Release Date: April 23, 2009
Genre: Action, Romance, Comedy
Studio: Lotte Entertainment
Country: South Korea
Language: Korean

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar